Berstandar Internasional, Ini Dia Kelebihan Sirkuit Mandalika Yang Dijadikan Venue MotoGP 2022

sirkuit mandalika

Sirkuit Mandalika adalah sebuah sirkuit untuk balapan yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika atau biasa disebut KEK Mandalika.

Atau lebih tepatnya Mandalika Circuit ini terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Sirkuit balap ini memiliki spesifikasi panjang lintasan 4,31 km dengan jumlah tikungan sebanyak 17 tikungan.

Sirkuit Mandalika ini direncanakan akan menjadi tuan rumah ajang balapan MotoGP untuk musim 2022, selain itu juga akan diadakan Kejuaraan Dunia Superbike musim 2021. Sirkuit ini juga memiliki nama resmi yaitu Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Tentang Sirkuit Mandalika

Pada awalnya, sirkuit balap ini direncanakan akan memiliki panjang lintasan 4,8 km, namun berubah menjadi sepanjang 4,32 km dan jumlah tikungannya bertambah menjadi 19 tikungan.

Akan tetapi desainnya diperpendek lagi menjadi hanya sepanjang 4,31 km dan dengan 17 tikungan. Menurut CEO Mandalika Grand Prix Association yaitu Ricky Baheramsjah jumlah tikungan dikurangi karena faktor keselamatan dan keamanan, ia mengatakan bahwa "Terlalu banyak tikungan, dapat menyebabkan kecelakaan.

Nah tikungan ini diganti dengan trek lurus untuk menambah aksi-aksi overtaking". Bukan hanya itu, desain Sirkuit Mandalika ini dinilai lebih menguntungkan salah satu pabrikan.

Baca Juga : WOW Banget! Apa Saja Manfaat Offshore DNV Container, Berikut Detailnya

Saat peresmian, Sirkuit Internasional Mandalika memiliki panjang resmi sepanjang 4,31 km dan dengan jumlah tikungan sebanyak 17 tikungan, selain itu sirkuit ini juga memiliki kapasitas 50.000 tempat duduk di grandstand dengan total kapasitas mencapai 195.700 orang.

Selain kapasitasnya yang cukup besar, Mandalika Circuit juga menggunakan aspal berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA) yang memiliki tekstur kasar dengan begini diharapkan dapat memperkuat cengkraman ban nantinya.

Walaupun begitu, beberapa pembalap yang sudah merasakan sirkuit ini menyoroti permukaan lintasan balap yang kotor. Jonathan Rea berkata bahwa Mandalika Circuit sedikit kotor, terutama untuk jalur off linenya.

Namun lain seperti apa yang dikatakan Michael van der Mark dan Scott Redding, Leon Haslam mengatakan bahwa hal tersebut adalah hal yang lumrah untuk trek sirkuit baru.

Kelebihan Sirkuit Internasional Mandalika

Direktur Konstruksi serta Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo mengklaim, aspal yang digunakan buat lintasan Sirkuit Mandalika memakai aspal terkini Stone Mastic Asphalt (SMA) serta diucap ialah yang terbaik di dunia apalagi mengalahkan Sirkuit Sepang, Malaysia.

Terdapat beberapa keunggulan mengenakan aspal Stone Mastic Asphalt ini. Salah satunya pembalap tidak gampang tergelincir dikala keadaan hujan. Perihal ini hendak kurangi resiko pengendara terjatuh dikala melintas di trek basah.

Tidak cuma itu, Mandalika mempunyai unique selling point, tempatnya yang terletak di kawasan ekonomi spesial mempunyai panorama alam tepi laut yang indah. Dengan dikelilingi panorama perbukitan serta laut di pesisir selatan Pulau Lombok, Mandalika International Street Circuit nantinya hendak jadi salah satunya sirkuit jalan raya yang jadi bagian kalender MotoGP.

Baca Juga : Peran, Tanggung Jawab & Kelebihan Jika Anda Menggunakan Jasa Konsultan Pajak, Nyaman Banget!

Zona paddock sirkuit hendak mampu menaungi 40 garasi, sebaliknya kapasitas tribun utama menggapai lebih dari 50. 000 tempat duduk. Sedangkan zona tanpa tempat duduk ataupun tribun berdiri di desain buat menampung kurang lebih 138. 000 orang serta hospitality suites direncanakan mempunyai kapasitas 7. 700 pemirsa.

Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar Meter Mansoer berkata, pengerjaan lintasan utama" main track" Jalur Kawasan Spesial (JKK) yang jadi lintasan sirkuit internasional Mandalika selama 4, 31 km di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat adalah yang tercepat di dunia. Di mana pengerjaan sirkuit ini diawali 15 Juni 2020 serta tuntas 15 Agustus 2021 ataupun satu tahun satu bulan.

Dapatkan Pit Stop Modular Sekarang Kualitas Terbaik

Pit stop modular ini digunakan karena dinilai lebih praktis dalam sisi pemasangan, tapi bukan hanya itu saja modular juga memiliki struktur yang kuat dan tahan terhadap cuaca yang sering berubah-ubah di Sirkuit Internasional Mandalika.

Bangunan yang digunakan ini memiliki dua lantai yang dimana bagian bawahnya digunakan untuk paddock serta untuk bagian atas digunakan untuk VIP, VVIP hingga dijadikan tempat teman-teman media.

Untuk mendapatkan modular ini kami memiliki rekomendasi terbaik yang menawarkan produk berkualitas tinggi dan dengan harga yang bersaing. Dapatkan pit stop modular terbaik yang bisa digunakan di Sirkuit Internasional Mandalika hanya di www.tradecorp.co.id.

Tags: #Kuta Mandalika #Mandalika #Sirkuit Mandalika

Leave a reply "Berstandar Internasional, Ini Dia Kelebihan Sirkuit Mandalika Yang Dijadikan Venue MotoGP 2022"