Apa Itu Saintek, Prospek Kerja dan Materinya di UTBK? Berikut Penjelasannya

saintek

Untuk kalian yang lagi ataupun mau menjajaki UNBK SBMPTN tentu tidak asing dengan sebutan Saintek serta apakah kalian telah mengenali lebih dalam menimpa kelompok program studi ini? Untuk kalian yang mau mengetahuinya, hingga postingan ini sangat sesuai buat dibaca.

Saat sebelum mengulas lebih dalam, kita butuh mengenali apa sih Saintek itu? Saintek merupakan singkatan dari Sains serta Teknologi yang berarti kelompok program studi yang masih berkaitan erat dengan dunia sains serta teknologi.

Baca Juga: Apa Itu Soshum, Prospek Kerja dan Materi UTBK, Yuk Disimak!

Umumnya buat partisipan yang mau mengambil kelompok program studi ini cuma diperbolehkan yang berasal dari jurusan IPA waktu SMA. Sebab masih berhubungan erat dengan kelompok program studi ini, sehingga tidak melompat sangat jauh buat ulasan sewaktu kuliah nantinya.

Kemudian apa saja sih program studi yang masuk dalam kelompok Saintek? Buat program studi yang tercantum Saintek meliputi: Medis Gigi, Medis, Medis hewan, Matematika, Farmasi, Metode, Fisika serta Kimia

Program Studi Sangat Banyak Diminati di UNBK SBMPTN

Terdapat banyak program studi yang disediakan oleh bermacam Akademi Besar Negara (PTN) yang tersebar di seluruh daerah Indonesia. Terdapat kenyataan menarik, ialah terdapat 10 program studi yang dinilai mempunyai peminat sangat banyak beserta nama kampusnya.

Apa saja program studi serta kampus yang sangat banyak diminati di bidang Saintek? Berikut ini 10 catatan program studi kelompok saintek dengan peminat sangat banyak:

  1. Pembelajaran Dokter (Universitas Udayana, Bali) dengan peminat sebanyak 2. 301
  2. Agroekoteknologi (Universitas Brawijaya, Malang) dengan peminat sebanyak 2. 202
  3. Pembelajaran Dokter (Universitas Hasanuddin, Makassar) dengan peminat sebanyak 2. 111
  4. Agroteknologi (Universitas Pembangunan Nasional" Pensiunan", Surabaya) dengan peminat sebanyak 1. 956
  5. Kesehatan Warga (Universitas Hasanuddin, Makassar) dengan peminat sebanyak 1. 920
  6. Agroteknologi (Universitas Pembangunan Nasional" Pensiunan", Yogyakarta) dengan peminat sebanyak 1. 884
  7. Medis (Universitas Sebelas Maret, Surakarta) dengan peminat sebanyak 1. 836
  8. Metode Kimia (Universitas Pembangunan Nasional" Pensiunan", Surabaya) dengan peminat sebanyak 1. 751
  9. Peternakan (Universitas Brawijaya, Malang) dengan peminat sebanyak 1. 734
  10. Pembelajaran Dokter (Universitas Jember) dengan peminat sebanyak 1. 716

Jurusan Saintek Sangat Ketat di SBMPTN

Sehabis mengenali program studi dengan peminat sangat banyak, saat ini kita hendak mengulas tentang jurusan saintek dengan persaingan sangat ketat di SBMPTN 2020 serta asal kampusnya. Jumlah ketetan diperoleh dari informasi jumlah peminat serta jumlah mahasiswa yang sukses diterima. Berikut data lengkap yang kami sediakan buat kalian.

1. Jurusan Farmasi (Universitas Negara Semarang)

Buat posisi awal program studi dengan persaingan sangat ketat ialah program studi farmasi Universitas Negeri Semarang (UNNES). Dengan jumlah peminat sebanyak 1. 236 orang tetapi yang sukses diterima cuma 16 orang ataupun berarti dengan ketetan menggapai 1: 77.

Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang berniat buat meningkatkan diri jadi tempatnya ilmu pengembang serta peradaban unggul. Universitas Negeri Semarang sendiri mempunyai kampus yang terletak di 2 posisi, ialah Kampus Bendan Ngisor buat kampus program pascasarjana serta Kampus Sekaran buat program S1.

2. Jurusan Teknologi Data (Universitas Negeri Yogyakarta)

Di posisi kedua buat program studi saintek sangat ketat dihuni oleh Universitas Negeri Yogyakarta dengan jurusan Teknologi Data. Program studi Teknologi Data di kampus ini mempunyai peminat sebanyak 1. 167 orang serta mahasiswa yang diterima berjumlah 16 orang, ketetan buat program studi ini menggapai 1: 73.

Universitas Negeri Yogyakarta yang jadi salah satu kampus kesukaan di Yogyakarta ini memanglah telah tidak diragukan lagi serta normal bila mempunyai peminat yang lumayan banyak sebab sukses mencapai segudang prestasi baik secara nasional maupun internasional.

3. Jurusan Farmasi (UPN Veteran Jakarta)

Sampai dikala ini Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta telah mempunyai 7 fakultas serta salah satu program studi fakultas medis adalah farmasi masuk ke dalam program studi saintek dengan persaingan sangat ketat.

Gimana tidak, buat program studi farmasi di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta mempunyai jumlah peminat sebanyak 830 serta mahasiswa diterima cuma berjumlah 15 orang yang berarti program studi ini mempunyai keketatan 1: 55.

4. Jurusan Farmasi (Universitas Syiah Kuala)

Di posisi keempat dihuni oleh Jurusan Farmasi Universitas Syiah Kuala, kampus ini adalah salah satu akademi besar negara terbaik yang terletak di ujung pulau Sumatera, ialah Banda Aceh.

Program farmasi di kampus ini mempunyai jumlah peminat sebanyak 1. 236 orang serta mahasiswa yang sukses diterima berjumlah 24 orang, ketetan pilih jurusan farmasi disini menggapai 1: 52.

5. Jurusan Farmasi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

Serta peringkat kelima diisi oleh jurusan ilmu Gizi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, jurusan yang masih berhubungan dengan ilmu kesehatan serta medis ini nyatanya mempunyai peminat yang lumayan banyak di Indonesia.

Sebaliknya jurusan Gizi Universitas Ageng Tirtayasa jadi salah satu yang sangat ketat di Indonesia dengan jumlah peminat menggapai 689 orang serta mahasiswa diterima cuma 16 orang yang berarti nilai keketatan menggapai 1: 43.

Diatas ialah jurusan saintek sangat ketat di Indonesia serta uniknya didominasi oleh jurusan farmasi. Berarti buat kalian yang mau mengambil jurusan farmasi di salah satu kampus di atas, wajib berlatih lebih aktif lagi sebab persaingan buat masuk PTN kesukaan butuh perjuangan.

Modul Saintek yang dibahas dikala UNBK

Untuk kalian yang mau masuk Akademi Besar Negara kesukaan melalui SBMPTN dengan program studi semacam Medis Gigi, Medis, Medis hewan, Matematika, Farmasi, Metode, Fisika serta Kimia hingga kalian wajib lolos UNBK Saintek. Di dalam UNBK ini hendak mengajukan sebagian modul yang berhubungan dengan dunia sains serta teknologi semacam Matematika, Hayati, Kimia serta Fisika.

Dibawah ini adalah materi-materi yang dibahas dalam UNBK Saintek yang dapat kalian tahu serta dipelajari buat mempersiapkan UNBK SBMPTN.

Sebab kalian bukan cuma wajib memperoleh nilai yang bagus namun pula wajib memperoleh nilai semaksimal bisa jadi sebab kalian bersaing dengan ribuan calon mahasiswa yang lain yang terdapat di seluruh Indonesia. Oleh karena itu mengenali materi-materi yang dibahas wajib dikenal serta dipelajari lebih dalam supaya lolos UNBK nantinya.

Matematika UNBK (Saintek) modul yang dibahas meliputi Aljabar 1 serta 2, Postulat Bawah, Kalkulus (Limit, Integral serta Turunan), Trigonometri DP, Probabilitas DP, Vektor serta Geometri Analisis, Matriks, Ukuran 3 serta Suku Banyak.

Hayati UNBK modul yang dibahas meliputi Sel, Biokimia, Metabolisme, Genetika, Reproduksi Sel, Mikroorganisme, Jaringan Tanaman, Klasifikasi Tanaman Lumut serta Paku, Klasifikasi Tanaman Berbiji, Vertebrata, Invertebrata, Anatomi serta Fisiologi Manusia, Ekologi, Evolusi serta Bioteknologi.

Baca Juga: 4 Standar Kompetensi Guru Yang Wajib Dimiliki Oleh Guru Profesional

Kimia UNBK modul yang dibahas meliputi Jalinan Kimia, Struktur Atom serta Sistem Periodik, Stoikiometri, Termokimia beserta Energetika, Kesetimbangan Kimia, Kecepatan Respon, Watak Koligatif, Larutan Buffer, Larutan Asam Basa, Hidrolisis Garam, Kelarutan, Titrasi Asam Basa, Respon Redoks serta Elektrokimia, Sistem Koloid, Radioaktif, Kimia Area, Gas Sempurna serta Kinetika Gas, Kimia Faktor.

Fisika UNBK (Ringkas) modul yang dibahas meliputi Mekanika, Starting Physics, Getaran Gelombang serta Bunyi (GGB), Listrik serta Magnet, Fisika Modern, Zat beserta Kalor

Fisika UNBK (Lengkap) modul yang dibahas meliputi Starting Physics, Mekanika Lanjutan, Mekanika Tingkat Bawah, Fluida, Getaran-Gelombang-Bunyi (GGB), Listrik serta Magnet, Zat beserta Kalor, Optika Geometri serta Optika Fisis, Fisika Modern, Special Physics Exploration.

Sekian data menimpa saintek mulai dari jurusan sangat banyak peminat serta sangat ketat dan modul yang dibahas dikala UNBK buat program studi saintek, mudah-mudahan dapat menolong kalian menciptakan jurusan serta kampus yang pas, demi mengejar cita-cita setinggi bisa jadi.

Tags: #Pendidikan #Pengertian #Saintek

Leave a reply "Apa Itu Saintek, Prospek Kerja dan Materinya di UTBK? Berikut Penjelasannya"