Mengenal Apa Itu Pasar Persaingan Sempurna, Contoh dan Ciri-Cirinya, Calon Pengusaha Wajib Tahu!

Sistem ekonomi pasar membentuk persaingan bisnis antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Persaingan pasar membentuk beberapa kategori lagi dan salah satunya merupakan pasar persaingan sempurna.

Pengertian pasar persaingan sempurna adalah sebuah pasar yang dimana jumlah penjual dan pembeli sangat banyak sedangkan produk atau jasa yang ditawarkan serupa.

Pada jenis persaingan pasar ini, antara penjual dan pembeli sama-sama tidak dapat mempengaruhi harga sehingga harga di pasaran benar-benar merupakan hasil dari kesepakatan serta interaksi antara pembeli dan penjual.

Sedangkan pengertian pasar persaingan sempurna menurut para ahli salah satunya ada dalam buku Entrepreneurship: Menjadi Pebisnis Ulung (tahun 2009) karya Eddy Soeryanto. Kategori persaingan pasar ini bisa terjadi jika jumlah perusahaan dalam sebuah industri banyak dan berskala kecil, sehingga tidak ada perusahaan yang bisa mempengaruhi harga pasar.

Pada pasar jenis ini secara struktur dianggap yang ideal karena terdapat banyak penjual dan konsumen yang terlibat.

Sehingga hal ini membuat harga terbentuk secara otomatis untuk barang atau jasa yang ditawarkan. Selain itu untuk pasar jenis ini kekuatan antara permintaan dan penawaran bergerak secara bebas atau leluasa.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

Berikut ini beberapa ciri pasar persaingan sempurna :

1. Ada banyak jumlah pembeli dan penjual

Pembelian oleh seorang konsumen sangatlah kecil jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan pembelian di pasar. Maka bagi pembeli, harga pasar harus diikut dan pembeli hanya menentukan jumlah produk yang ingin dibeli.

Sedangkan dari sisi penjual, jumlah penjual yang menawarkan barang yang sama sangat banyak. Ini dilihat karena jumlah barang yang dijual sedikit jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan barang di pasar.

Ini berarti penjual harus mengikut harga di pasaran, penjual hanya menentukan jumlah barang yang ingin dijual dan mencukupi kebutuhan pembeli.

2. Barang atau jasa bersifat serupa ( Homogen )

Artinya jenis barang yang ada merupakan barang pengganti untuk barang dari penjual lainnya. Konsumen menganggap bahwa barang yang dijual sama kualitasnya.

Karena barang yang ditawarkan cenderung identik dan sama antara satu penjual dengan penjual lainnya, pada pasar persaingan sempurna ini membuat konsumen tidak dapat membedakan antara barang yang ditawarkan penjual yang satu dengan lainnya.

3. Kebebasan dalam membuka dan menutup perdagangan

Hal ini berarti tidak terdapat suatu hambatan apabila penjual ingin memulai bisnis baru yang dianggap lebih menguntungkan dan menutup usaha sebelumnya.

Tidak seperti pasar lainnya yang kemungkinan terdapat sebuah keterikatan dalam membuka dan menutup bisnisnya, misal dengan adanya sebuah surat perjanjian.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

  1. Bisnis dapat keluar apabila mengalami kerugian pada saat produk yang ditawarkan tidak dapat bersaing atau tidak dapat memenuhi kriteria pasar
  2. Bisnis dapat bertahan karena merasa mampu menjadi penyedia produk dengan kualitas dan harga yang sesuai pasar

4. Penjual dan konsumen memiliki informasi tentang pasar

Informasi pasar di pasar persaingan sempurna sangatlah penting bagi para penjual maupun pembeli atau konsumen.

Karena bagi pembeli, informasi ini dibutuhkan untuk mengetahui harga yang sedang berlaku di pasaran. Sedangkan untuk penjual informasi penting untuk mengetahui perubahan harga, sumber bahan mentah, tingkat upah dan lainnya.

5. Bebas dalam mengambil keputusan

Dalam kategori pasar ini semuanya bebas mengambil keputusan, karena harga barang atau jasa terjadi dan disepakati karena interaksi alami saat tawar menawar di pasar.

6. Mobilitas dan faktor produksi bebas bergerak

Ini berarti tidak ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produk dipindahkan dari satu tempat usaha ke tempat usaha lainnya.

Karena pada dasarnya, semua tempat produksi itu memiliki kesamaan, baik dalam cara pembuatan hingga penjualannya kepada konsumen.

Seperti yang disebutkan di situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, faktor produksi seperti bahan baku serta tenaga yang bebas berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya itu dinilai lebih menguntungkan.

Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna

Kelebihan dari jenis pasar ini adalah tidak adanya persaingan di dalam pasar karena barang atau jasa yang ditawarkan bersifat homogen.

Hal ini juga berpengaruh dalam melakukan promosi, penjual tidak perlu melakukan promosi besar-besaran dikarenakan barang atau jasa masih sama.

Bukan hanya itu, barang atau jasa yang ditawarkan di dalam pasar persaingan sempurna ini juga dibilang cukup stabil. Karena tidak ada kenaikan atau penurunan drastis antara penjual yang satu dengan penjual lainnya.

Walaupun begitu, pasar jenis ini memiliki kekurangan juga, seperti pasar persaingan sempurna ini dinilai membuat penjual menjadi minim inovasi.

Dan karena barang atau jasa yang ditawarkan cenderung homogen, maka membuat konsumen kebingungan dalam memilih barang atau jasa. Jenis pasar ini juga memberikan ongkos sosial serta distribusi pendapatan menjadi tidak merata.

Contoh pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna

Dibawah ini beberapa contoh dari pasar persaingan sempurna dan yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna :

1. Contoh pasar persaingan sempurna

Pasar beras menjadi salah satu contoh pasar persaingan sempurna, karena pasar ini menawarkan barang yang sama yaitu beras, selain itu jumlah penjual dan pembeli beras sangat banyak karena beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

pasar persaingan sempurna

Sumber Gambar : Validnews

Di pasar beras ini penjual dan pembeli sama-sama tidak memiliki kekuatan untuk mempengaruhi harga di pasaran. Mereka sama-sama harus mengikuti harga pasar, kemudian terdapat informasi lengkap mengenai produk yang diperjualbelikan yaitu beras.

2. Contoh pasar persaingan tidak sempurna

Perusahaan-perusahaan container di Indonesia menjadi salah satu contoh pasar persaingan tidak sempurna. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor.

Walaupun barang yang dijual antar perusahaan container ini relatif sama, namun harga yang ditawarkan berubah-ubah dan relatif berbeda antar perusahaan.

Selain itu bagi perusahaan sendiri bebas dalam menentukan harga jual container yang ditawarkan kepada konsumen. Sehingga dalam menentukan harga yang cocok untuk konsumen, perusahaan container ini tidak selalu berpatok pada harga perusahaan lainnya.

Semoga dengan membaca artikel ini, Anda mampu mengenal lebih jauh tentang pasar persaingan sempurna termasuk ciri-ciri dan contohnya.

Karena pasar jenis ini dapat menjadi wadah yang baik untuk Anda yang memiliki bisnis produk atau jasa yang umum diminati oleh banyak orang. Selain itu perlu diingat bahwa kesuksesan bisnis dapat didapatkan dimanapun dan kapanpun.

Tags: #Belajar Bisnis #Bisnis