4 Standar Kompetensi Guru Yang Wajib Dimiliki Oleh Guru Profesional

Standar Kompetensi Guru merupakan sebagian penanda yang bisa dijadikan dimensi ciri guru yang dinilai kompeten secara handal.

Kompetensi guru adalah perpaduan antara keahlian personal, keilmuan, teknologi, sosial, serta spiritual yang secara merata membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencakup kemampuan modul, uraian terhadap partisipan didik, pendidikan yang mendidik, pengembangan individu, serta profesionalisme.

Guru ialah komponen sangat utama dalam sistem pembelajaran secara totalitas yang wajib memperoleh atensi yang optimal. Figur ini hendak menemukan sorotan strategis kala berdialog permasalahan pembelajaran, sebab guru senantiasa terpaut dengan komponen manapun dalam sistem pembelajaran.

Baca Juga: Mau Jadi Guru Profesional? Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang Sertifikasi Guru dan Besaran Tunjangannya

Guru memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional, spesialnya di bidang pembelajaran, sehingga butuh dibesarkan selaku tenaga profesi yang bermartabat serta handal.

4 Standar Kompetensi Guru

Bersumber pada standar kompetensi inti, seorang guru wajib mempunyai 4 kompetensi adalah:

  1. Kompetensi handal, adalah kecakapan seorang guru dalam mengimplementasikan hal-hal yang terpaut dengan profesionalisme yang nampak dalam kemampuannya meningkatkan tanggung jawab, melakukan kedudukan dengan baik, berupaya mencapai tujuan pembelajaran, serta melakukan kedudukannya dalam pendidikan di kelas.
  2. Kompetensi pedagogik adalah memahami serta menguasai kepribadian dan mengenali kemampuan serta kesusahan belajar siswa. Guru pula wajib sanggup meningkatkan kurikulum sehingga sanggup membuat rancangan pendidikan yang menarik serta menggunakan teknologi serta data buat kepentingan pembelajaran.
  3. Kompetensi sosial, adalah keahlian guru dalam berhubungan dengan siswa, orang tua siswa, rekan seprofesi serta area, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Kompetensi karakter, ialah keahlian jadi teladan hendak perilaku perilaku positif.

Siswa mempunyai kemauan supaya mereka lebih gampang dalam menguasai pelajaran. Perihal ini dapat terlaksana apabila guru mempunyai keahlian berikut ini:

  1. Sanggup mengaitkan partisipan didik dalam proses pendidikan, sanggup memperlakukan mereka secara adil serta sanggup membedakan perbandingan tiap partisipan didik
  2. Sanggup memahami bidang ilmu yang diajarkan, serta mengaitkannya dengan pelajaran lain dan menghubungkannya dengan dunia nyata
  3. Sanggup menghasilkan, memperkaya serta membiasakan tata cara mengajar yang menarik atensi siswa

Baca Juga: Ingin Bisnis Lebih Sukses? Yuk Kenalan Dengan Bisnis Model Canvas dan 9 Elemennya

Dalam banyak analisis tentang kompetensi keguruan, aspek kompetensi karakter serta kompetensi sosial biasanya disatukan. Rincian kompetensi personal sosial yang dianjurkan dalam penjelasan ini merupakan:

  1. Sanggup menghayati dan mengamalkan nilai hidup (nilai moral serta keimanan)
  2. Jujur serta bertanggung jawab
  3. Sanggup berfungsi jadi pemimpin
  4. Berlagak bersahabat, terampil berkomunikasi
  5. Sanggup berfungsi aktif dalam pelestarian serta pengembangan budaya
  6. Sanggup bersahabat dengan siapapun tanpa melenyapkan prinsip serta nilai hidup yang diyakini
  7. Sanggup berfungsi dalam aktivitas sosial
  8. Bermental sehat serta stabil
  9. Sanggup tampak secara pantas serta rapi
  10. Kreatif serta penuh perhitungan
  11. Sanggup berperan pas pas waktu dalam kedekatan sosial serta profesionalnya
  12. Sanggup memakai waktu luang secara bijaksana serta produktif

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Pasar Persaingan Sempurna, Contoh dan Ciri-Cirinya, Calon Pengusaha Wajib Tahu!

Bagi Samana (1994: 61-68), 10 keahlian dasar guru merupakan selaku berikut:

  1. Guru dituntut memahami bahan ajar
  2. Guru sanggup mengelola program belajar mengajar
  3. Guru sanggup mengelola kelas
  4. Guru sanggup memakai media serta sumber pembelajaran
  5. Guru memahami landasan landasan pembelajaran (Ilmu Pembelajaran, Psikologi Pembelajaran, Administrasi Pembelajaran serta Filsafat Pembelajaran)
  6. Guru sanggup mengelola interaksi belajar mengajar
  7. Guru sanggup memperhitungkan prestasi belajar siswa buat kepentingan pengajaran
  8. Guru memahami guna serta program pelayanan tutorial serta penyuluhan
  9. Guru memahami serta sanggup turut dan dalam penyelenggaraan administrasi sekolah
  10. Guru menguasai prinsip-prinsip riset pembelajaran serta sanggup menafsirkan hasil riset pembelajaran demi kepentingan pengajaran.

Bagi guru di Indonesia yang ingin dianggap profesional, selain harus memiliki keempat standar diatas, juga harus mengikuti yang namanya sertifikasi guru agar diakui dan layak menjadi guru profesional di Indonesia.

Itulah artikel mengenai 4 standar kompetensi guru di Indonesia yang wajib dimiliki oleh calon guru profesional dari berbagai macam tingkatan pendidikan di Indonesia, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke keluarga, teman dan orang terdekat Anda.

Tags: #Guru #PNS #Sertifikasi Guru