Peran, Tanggung Jawab & Kelebihan Jika Anda Menggunakan Jasa Konsultan Pajak, Nyaman Banget!

jasa konsultan pajak

Konsultan pajak adalah istilah untuk orang yang menawarkan jasa konsultasi bidang perpajakan buat menolong Wajib Pajak perorangan maupun Wajib Pajak tubuh dalam melakukan hak serta penuhi kewajiban perpajakannya.

Jasa yang ditawarkan konsultan pajak sangat berbagai macam. Konsultan pajak menolong mengurus hal- hal yang berkaitan dengan kepatuhan pajak kliennya, mulai dari menghitung, membayar, pula melaporkannya. Konsultan pajak menawarkan jasa konsultansi permasalahan perpajakan, tidak hanya itu pula dapat melaksanakan perencanaan pajak buat memaksimalkan keuntungan klien.

Konsultan pajak pula memiliki tanggung jawab buat mewakili serta/ ataupun mendampingi kliennya kala terdapat pengecekan. Jika nyatanya ditemui terdapatnya kelebihan dalam pembayaran pajak, seorang konsultan pajak dapat menolong kliennya dalam penerapan restitusi pajak mulai dari persiapan informasi, penyampaian restitusi, pengecekan, hingga diterimanya pengembalian atas kelebihan pajak.

Baca Juga : Ini Dia 4 Cara Memulai Investasi Untuk Pemula & Daftar Orang Kaya Karena Investasi, Siapa Mau?

Bila terjalin sengketa pajak, konsultan pajak dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa, semacam pengajuan keberatan pajak, banding, serta sebagainya. Dengan demikian, Wajib Pajak hendak merasa aman dikala menempuh pengecekan ataupun kala mengalami kasus pajak.

Cara Memperoleh Izin Praktik Konsultan Pajak

Untuk memperoleh izin praktik, Konsultan Pajak wajib mengantarkan permohonan secara tertulis kepada Direktur Jenderal Pajak diiringi dengan dokumen selaku berikut:

  1. Catatan riwayat hidup/ pengalaman kerja serta riwayat pembelajaran
  2. Fotokopi Sertifikat Konsultan Pajak yang sudah dilegalisasi oleh Panitia Penyelenggara Sertifikasi Konsultan Pajak; (umur sertifikat optimal 2 tahun)
  3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan Kepolisian Negeri Republik Indonesia
  4. Pas foto terakhir bercorak serta berlatar balik putih dimensi 2x3 centimeter sebanyak 3 (3) lembar;
  5. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  6. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  7. Pesan statement tidak terikat dengan pekerjaan ataupun jabatan pada Pemerintah/ Negeri serta/ ataupun Tubuh Usaha Kepunyaan Negeri/ Wilayah
  8. Fotokopi pesan keputusan keanggotaan Asosiasi Konsultan Pajak yang sudah dilegalisasi oleh Pimpinan Universal Asosiasi Konsultan Pajak; dan
  9. Surat pernyataan yang berisi komitmen untuk menjalankan peraturan perundang-undangan perpajakan dengan sebaik mungkin serta sebenar-benarnya.

Peran dan Tanggung Jawab

Sebagai seorang yang menjalankan tugas sebagai konsultan pajak, berikut ini beberapa peran serta tanggung jawab yang harus dijalankan:

  1. Melaksanakan perhitungan pajak, pembayaran pajak hingga pada pelaporan pajak kliennya.
  2. Melayani konsultasi perpajakan, melaksanakan perencanaan pajak, serta memaksimalkan keuntungan untuk klien.
  3. Melaksanakan penilaian informasi terpaut dengan timbulnya beban pajak yang dirasa tidak menguntungkan klien.
  4. Menolong klien dalam restitusi pajak.
  5. Mewakili serta/ ataupun mendampingi klien dikala terdapat pengecekan pajak.
  6. Menolong menyusun pedoman perpajakan untuk klien.

Kelebihan Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

jasa konsultan pajak

Sumber: https://konsultan.pajak.go.id/

Untuk sebagian orang yang mempunyai banyak aktivitas yang sangat besar serta tidak sering didengar dengan bermacam urusan yang berkaitan dengan administrasi serta perpajakan, menyangka perpajakan merupakan perihal yang rumit. Berhadapan dengan administrasi serta perpajakan untuk mereka merupakan tantangan tertentu.

Oleh karena itu Konsultan Pajak muncul buat menolong pihak ataupun orang- orang yang mempunyai banyak aktivitas besar serta tidak sangat sering di dengar dengan urusan administrasi serta perpajakan buat memakai jasanya, sehingga para Wajib Pajak (Orang Individu maupun Tubuh) ini bisa melakukan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Konsultan Pajak merupakan Orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak dalam rangka melakukan hak serta penuhi kewajiban perpajakannya cocok dengan peraturan perundang- undangan perpajakan. Inilah definisi konsultan pajak bersumber pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor. 111/ PMK. 03/ 2014 tentang Konsultan Pajak.

Para Wajib Pajak bisa memberikan kuasa kepada seseorang Konsultan Pajak buat menanggulangi kewajiban perpajakannya mulai dari mempersiapkan, menghitung hingga memberi tahu pajak yang sudah mereka bayarkan. Sehingga mereka bisa menjauhi kekeliruan terpaut dengan perhitungan serta pelaporan pajak yang bisa menghadirkan kerugian untuk Wajib Pajak tersebut.

Walaupun tidak harus, dengan menimbangan efektifitas serta efisiensinya, memakai Jasa Konsultan Pajak untuk Wajib Pajak sangatlah direkomendasikan. Berikut merupakan 7 khasiat ataupun keuntungan memakai Konsultan Pajak:

  1. Lebih efektif, sebab dengan jasa konsultan tingkatan kesalahan dalam perhitungan serta penginputan informasi perpajakan bisa diminimalisir sehingga efek lebih bayar dapat nol.
  2. Wajib Pajak tidak terbebani dengan urusan administratif pajak misalnya membuat laporan hingga pelaporannya sebab seluruh telah ditangani oleh konsultan.
  3. Dalam perihal pengecekan pajak, Wajib Pajak lebih nyaman sebab didampingi konsultan yang mengerti tentang prosedur pengecekan serta mengestimasi dari kesalahan hitungan yang pada kesimpulannya merugikan Wajib Pajak.
  4. Bila terdapat permasalahan perpajakan hendak lebih kilat diatasi sehingga tidak menyita waktu serta benak Wajib Pajak.
  5. Wajib Pajak bisa membuat rencana perpajakan supaya tidak terlambat setor serta lapor pajaknya, sehingga dapat bebas dari denda maupun sanksi yang lain.
  6. Wajib Pajak dapat lebih fokus meningkatkan bisnisnya.
  7. Wajib Pajak dapat lebih aman menempuh kegiatan kesehariannya tanpa wajib memikirkan urusan pajak.

Sebagian perihal di atas dapat jadi pertimbangan berarti apakah Wajib Pajak butuh memakai Jasa Konsultan Pajak.

Dalam memakai jasa Konsultan Pajak pasti para Wajib Pajak wajib memilih Konsultan Pajak yang mempunyai kredibilitas yang mumpuni serta terpercaya. Bila salah memilih Konsultan Pajak alih-alih menolong urusan perpajakannya, malah bisa bawa kerugian untuk Wajib Pajak tersebut serta pula untuk negeri.

Tags: #Konsultan Pajak #Pajak

Leave a reply "Peran, Tanggung Jawab & Kelebihan Jika Anda Menggunakan Jasa Konsultan Pajak, Nyaman Banget!"