Mau Memulai Bisnis? Ini Dia Pembahasan Lengkap Bisnis Plan & Contoh Proposalnya

Rencana bisnis atau bisnis plan adalah sebuah pernyataan formal dan merupakan dokumen tertulis yang dibuat atas tujuan berdirinya sebuah bisnis atau perusahaan.

Business plan ini juga bisa dibuat berdasarkan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan bisnisnya akan tercapai dan juga bisa berisi strategi atau rencana-rencana yang akan dijalankan agar tujuan awal bisnis tersebut bisa tercapai.

Bisnis plan juga mengandung seluruh informasi tentang latar belakang tim, organisasi dan pihak yang terlibat dalam memenuhi tujuan tersebut.

Selain harus membuat rencana bisnis sebelum memulai, para pengusaha juga harus mengetahui prinsip etika bisnis, agar tujuan membangun sebuah bisnis bisa tercapai.

Apa sih manfaat bisnis plan? Mengapa penting?

Bahkan bukan hanya bisnis, semua kegiatan sehari-hari juga pastinya membutuhkan sebuah rencana, agar setiap langkah kedepannya tergambar jelas.

Termasuk dalam kegiatan bisnis, Anda akan terarah dalam mencapai tujuan. Selain itu Anda akan lebih efektif dalam melakukan promosi dan pemasaran yang pastinya tidak membuang-buang waktu.

Karena dengan memiliki bisnis plan, Anda akan bisa memetakan usaha dan kemudian Anda akan tahu langkah-langkah yang harus ditempuh untuk bisnis kedepannya.

Selain itu, rencana bisnis juga memiliki manfaat yaitu bisa digunakan untuk mengumpulkan modal. Khususnya bagi Anda yang ingin mendirikan dengan modal minim, maka buatlah bisnis plan yang menyakinkan minat investor terhadap bisnis yang Anda dirikan.

Karena business plan yang baik dan dibuat dengan matang bisa dijadikan bahan presentasi kepada investor untuk mendapatkan dana tambahan atau untuk mengajukan pinjaman modal usaha ke bank-bank.

Komponen penting dalam membuat business plan

Dibawah ini sembilan komponen penting dalam membuat sebuah bisnis plan :

  1. Ringkasan Eksekutif - berisi tentang garis besar bisnis yang akan dijalankan, visi misi dan tujuan bisnis. Sebuah tips untuk Anda, buatlah ringkasan eksekutif yang menarik dan menjual ( terdiri dari 1 sampai 2 halaman ).
  2. Pendahuluan - bagian ini berisi tentang latar belakang informasi perusahaan serta orang-orang yang terlibat dalam bisnis Anda, struktur perusahaan serta konsultan atau susunan pemilik saham. Selain itu, juga berisi tentang visi dan misi serta tujuan bisnis yang ingin dicapai.
  3. Analisis Pasar dan Pemasaran - Anda harus mengetahui kompetitor Anda yang memiliki bisnis serupa dan melakukan analisis pasar terhadap produk yang Anda tawarkan. Dengan kata lain, ini merupakan strategi yang disusun dalam melakukan strategi pemasaran untuk bisnis yang dijalankan.
  4. Analisis Produk dan Produksi - pada bagian ini Anda diharuskan melakukan analisis produk dan juga mengetahui cara produksi bisnis Anda. Apakah menciptakan barang baru atau menambahkan fungsi suatu benda dan tanpa harus mengubah bentuk sebelumnya.
  5. Analisis Sumber Daya Manusia ( SDM ) - berisi tentang orang-orang yang terlibat dan dibutuhkan. Selain itu juga berisi rencana pengembangan sumber daya manusia yang ada dalam bisnis Anda.
  6. Analisis Keuangan - segala yang terkait tentang keuangan bisnis seperti sumber modal, sumber pemasukan, pengembalian modal, pengembalian investasi, pendanaan merupakan modal yang dimiliki dan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, perhitungan daya ungkit semuanya harus ada dalam bisnis plan.
  7. Peluang Bisnis - berisi tentang penjelasan masalah secara rinci dan solusi untuk masalah tersebut. Dan jangan lupa untuk menuliskan keunggulan dari ide bisnis dan target bisnis Anda.
  8. Resiko Bisnis - dalam bisnis plan juga jangan lupa untuk mencantumkan resiko bisnis apa saja yang bisa menimpa di masa yang akan datang dan cara Anda menghadapi setiap resiko tersebut.
  9. Eksekusi Bisnis - bagian ini berisi tentang bagaimana bisnis Anda dijalankan. Bagaimana tentang sistem operasional perusahaan Anda. Termasuk juga penyaluran produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  10. Lampiran - lampiran mencakup surat-surat, dalam hal ini seperti perizinan yang menyatakan bisnis Anda legal secara hukum atau bisa juga sertifikat yang sekiranya dimiliki oleh perusahaan Anda.

Beberapa prinsip bisnis plan

Berikut beberapa prinsip dalam membuat perencanaan bisnis :

  1. Perencanaan bisnis harus bisa diterima oleh semua pihak
  2. Perencanaan bisnis harus realistis dan fleksibel
  3. Perencanaan bisnis harus bisa mencakup seluruh aspek kegiatan perusahaan
  4. Perencanaan bisnis harus merumuskan semua cara kerja usaha yang efisien dan efektif

cara membuat bisnis plan

Cara membuat bisnis plan yang baik

Termasuk dalam kegiatan bisnis, Anda akan terarah dalam mencapai tujuan. Selain itu Anda akan lebih efektif dalam melakukan promosi dan pemasaran yang pastinya tidak membuang-buang waktu.

Di setiap perencanaan bisnis yang baik itu merupakan sebuah proses dan bukan sekedar perencanaan omong kosong belaka. Untuk itu perencanaan bisnis yang baik indikatornya antara lain :

  1. Spesifik - Bisnis plan yang baik adalah yang konkret, spesifik dalam waktu, terukur dan juga personalia serta anggarannya
  2. Realistik - Perencanaan yang baik yaitu perencanaan yang realistik dalam setiap tujuannya, baik itu anggaran maupun target pencapaian waktunya
  3. Komplit - Perencanaan bisnis yang baik adalah rencana bisnis yang di setiap elemennya
  4. Sederhana - Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang dibuat sederhana dan mudah dimengerti untuk dilaksanakan

Perencanaan bisnis yang baik merupakan perencanaan yang dapat digunakan dalam berbagai hal, seperti :

  1. Menetapkan dan mendefinisikan tujuan
  2. Menciptakan sebuah laporan bisnis secara reguler
  3. Dapat mendefinisikan bisnis-bisnis baru nantinya
  4. Bisa mensupport aplikasi pinjaman
  5. Dapat mendefinisikan berbagai perjanjian dengan partner
  6. Rangkaian nilai untuk mencapai tujuan secara benar
  7. Untuk mengevaluasi masalah produk, promosi atau ekspansi

Contoh proposal bisnis plan [ PDF & Doc ]

Setelah mengetahui beberapa pembahasan diatas mengenai bisnis plan ini, mungkin Anda ada yang ingin mengetahui gimana sih contoh proposal rencana bisnis dalam bentuk PDF untuk berbagai macam usaha.

  1. Contoh Proposal Business Plan Bisnis Keju "Cattle Cheese" [ Download PDF ]
  2. Contoh Bisnis Plan Sederhana [ Download PDF ]
  3. Contoh Rencana Bisnis Violet Shaky [ Download PDF ]
  4. Proposal Bisnis Plan “Dropship Marmer Business” [ Download Doc ]
  5. Contoh Business Plan Minuman “Coffee Road” [ Download Doc ]
  6. Contoh Proposal Bisnis Plan Makanan RIngan PEPI – Permen Pinang Yeppi [ Download Doc ]
  7. Contoh Proposal Bisnis Plan Jasa “ProofMa” [ Download Doc ]

Itulah beberapa contoh proposal bisnis plan dalam berbagai bidang usaha yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuat rencana bisnis. Dan untuk mendownload semuanya beserta tools, Anda bisa download contoh proposal rencana bisnis lengkap + Tools.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa dalam membuat proposal ini haruslah dibuat secara matang dan sempurna. Tidak boleh terburu-buru dan sembarangan, agar semuanya tersusun rapi dan mendapatkan hasil yang maksimal agar tujuan bisnis Anda tercapai.

Sekian artikel Noise Blog kali ini mengenai pembahasan lengkap apa itu bisnis plan, manfaat dan beberapa contoh proposal dalam berbagai bidang usaha. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan ke keluarga, teman dan orang terdekat Anda.

 

Tags: #Belajar Bisnis #Bisnis